Inilah 3 Cara Mengatasi Cantengan

Inilah 3 Cara Mengatasi Cantengan

Cantengan adalah kondisi kaki yang terjadi pada kuku tumbuh ke dalam hingga menusuk kulit di sekitarnya. Cantengan biasanya terjadi pada jempol kaki dan menyebabkan rasa sakit, kemerahan, nyut-nyutan, serta bengkak. Anda perlu melakukan berbagai pengobatan baik dari dokter maupun perawatan rumah demi mempercepat penyembuhan. Berikut ini ada berbagai cara untuk mengatasi cantengan yang bisa anda coba sebagai berikut.

1. Merendam Kaki Dengan Air Hangat

Kamu bisa merendam kaki yang terkena cantengan dalam air garam hangat bersabun sebanyak 3 kali sehari dengan durasi masing-masing perendaman sekitar 20 menit.

Cara ini akan membantu meredakan bengkak dan rasa nyeri pada cantengan. Setelah berendam, jangan lupa keringkan kaki secara menyeluruh. Menjaga kaki tetap bersih dan kering dapat membantu mengatasi cantengan.

Kaki yang lembap atau berkeringat membuat daging sekitar kulit lebih lembut sehingga mudah ditembus oleh kuku.

2. Memakai Salep Antibiotik

Salep atau krim antibiotik yang dijual bebas bisa mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi risiko cantengan terinfeksi. Gunakan salep ini sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera dalam produk, biasanya 3 kali sehari.

3. Memakai Obat Pereda Nyeri

Paracetamol dapat kamu konsumsi untuk meredakan nyeri akibat cantengan. Efek samping penggunaan obat ini hampir tidak ada, kecuali obat dikonsumsi melebihi batas yaitu 3000 mg per hari atau diminum bersama minuman alkohol.

Comments

Popular posts from this blog

Prabowo Kunjungi Korban Gempa di Lombok, Perintahkan Kader Gerindra untuk Membantu Korban Gempa

Koalisi Prabowo-Sandi Menemukan 25 Juta Pemilih Ganda dan Menyerahkan ke KPU

Prabowo Ziarah ke Makam Hasyim Asyari, Wahid Hasyim, Hingga Gus Dur